Monday, July 14, 2014

Alat pemanggil ikan



Kami perkenalkan beberapa alat yang bisa digunakan untuk memanggil ikan atau menimbulkan daya tarik ikan untuk mendekat.

  • ·         LACUBA singkatan dari Lampu Celup Bawah Air (Under Water Lamp) adalah Jenis lampu yang sengaja dirancang kedap air yang berfungsi sebagai alat pemanggil ikan, pemikat ikan, dan pengumpul ikan untuk bantu nelayan dalam meningkatkan jumlah hasil penangkapan ikan di laut. Lacuba merupakan buah karya para ahli teknologi terutama dalam bidang kelistrikan, yang terpanggil membuat ide dan sarana untuk memenuhi kebutuhan alat penimbul cahaya penerangan di dalam atau di bawah permukaan laut.
 
Cara Penggunaan atau Pengoperasian Alat Pemanggil Ikan (Lacuba)
Sesuai dengan namanya ” Lampu Celup Bawah Air “, Lacuba adalah jenis lampu yang pengoperasiannya harus berada di bawah air atau di dalam air, berikut ini langkah-langkah cara menggunakan Lacuba sebagai alat bantu penangkapan ikan :
1. Celupkan kedua lampu (Lacuba) ke dalam air pada kedalaman 2-3 Meter dari atas permukaan air laut.
Kedalaman menurunkan LACUBA tidaklah mutlak dan bisa dicoba pada kedalaman air tertentu tergantung kondisi pada perairan atau air laut setempat
2. Setelah lampu berada di dalam air, hubungkan kabel positif ke kutub batere positif ( + ) dan hubungkan kabel negatif ke kutub batere negatif ( - )
3. Pastikan bahwa kedua lampu (Lacuba) menyala di dalam air.
  • ·         ELECTROFISH

Alat ini akan mengeluarkan signal listrik seperti signal yang dikeluarkan oleh ikan yang terluka, signal yang dikeluarkan bisa mencapai radius kurang lebih 2 km. Dapat digunakan didanau atau laut.
Cara pengunaannya tinggal cekupkan kedalam air saja 



  • ·         RANGKAIAN SEDERHANA

CARA MEMBUAT ALAT PEMANGGIL IKAN (FISH CALLER) SEDERHANA MURAH MERIAH

Bagi anda yang hobi memancing ikan, menjala atau apapun, alat ini sangat cocok digunakan untuk membantu anda, karena alat ini akan memanggil dan mengumpulkan ikan. Getaran yang dikeluaran dari rangkaian ini mencapai jarak beberapa meter secara melingkar.

CaraKerja:
Setelah rangkaian mengeluarkan suara, masukkan rengkaian ini kedalam botol plastik dan pastikan air tidak bisa masuk kedalamnya dan kemudian masukkan (tenggelamkan) ke dalam air. Tunggu beberapa saat. Setelah rangkaian ini bekerja ikan-ikan akan mendatanginya lalu mengerumuni alat ini. Anda dapat menggunakannya di sungai, di mana banyak ikan yang mudah untuk menemukan kecuali di laut yang berombak, sehingga sirkuit initidak akan bekerja karena kalah oleh gelombang laut. Sebenarnya, juga dapat digunakan di laut tenang tapi air tidak boleh terlalu berombak.

Daftar komponent:

• C1 = 50 uF/25V
• C2 = 0,005uF Condensator kertas
• R1 = 1kOhm
• R2 = 5kOhm Potensiometer
• Q1 = Transistor BC327/OC26/2SB126
• TR1 = Trafo Output tidak menggunakan gulungan sekunder (Trafo OT)
Skema rangkaian dari komponen tsb seperti gambar berikut dibawah ini.



Selamat mencoba.... salam strikee....

by: Ememge Kbn , ID Indonesia 54392 Updated at : 11:28 PM

2 comments :

  1. RUMAH JAWA JOGJA
    -Jual beli rumah joglo dan rumah limasan
    -Jasa bongkar pasang rumah joglo dan rumah limasan
    -Konsultan dan pemborong pembangunan rumah jawa
    kunjungi situs resmi RUMAH JAWA JOGJA dan dapatkan info rumah dijual murah harga mulai 20 jutaan

    ReplyDelete
  2. khusus untuk yang fish caller, rangkain itu kan ada trimpotnya, cara mengetahui kalau settingnya sudah pas gimana dan bekerja pada frekuensi berapa, trima kasih?

    ReplyDelete

Mohon Untuk tidak komentar berbau SARA, ASUSILA dan JUDI
Thanks... sakam strikee