Friday, June 13, 2014

Umpan - Bait



Umpan alami
Umpan alami merupakan umpan yang disamakan dengan makanan ikan pada lingkungan tempat hidup ikan-ikan tersebut.
Umpan alami untuk mancing kita bagi 2 macam
Hewani
Beberapa contoh dari umpan alami hewani adalah:
o   Udang merupakan salah satu jenis umpan alami untuk memancing ikan yang ada pada air tawar atau air payau yang ada disekitar muara sungai. Udang merupakan salah satu makanan alami ikan pada habitatnya, karena itu banyak pula para pemancing yang menggunakan udang sebagai umpan.
o   Ikan bisa menggunakan ikan mati atau ikan yang masih hidup sebagai umpan, disesuaikan dengan keperluan pada saat memancing. Untuk jenis umpan ikan hidup biasanya digunakan pada saat memancing di laut.
o   Katak ( percil )sangat bagus untuk umpan dengan sasaran ikan gabus, toman dan lele liar. Kita gunakan katak tertentu yang bisa kita gunakan untuk umpan
o   Belalang ini bagus untuk mancing diair tawar terutama ikan disungai
o   Cacing tanah tidak semua cacing tahan bisa untuk mancing ikan, kadang ikan tidak mau makan cacing yang didalamnya banyak mengandung tahan/lumpur yang banyak. Biasanya cacing tanah yang digunakan berwarna merah dan kecoklatan. Sidat / belut sangat demen sama cacing tanah.
o   Undur ( yutuk ) ini hewan yang hidup dipasir laut, biasanya digunakan untuk memancing pasiran  (surtfishing). Undur bisa menjadi pengganti udang bahkan kalau mancing pasiran khususnya didaerah selatan jawa umpan ini lebih bagus dari udang karena tahan ombak yang besar
o   Reni (belut laut) ini sangat bagus buat mancing ikan Peh
o   Dan masih banyak lagi ( barangkali mau tambahi dikoment... bro )
  • Laron / rayap
  • Orong-orong / anjing tanah 

Tumbuhan
o   Lumut. Banyak terdapat disawah dan sungai yang airnya bersih
o   Daun Talas
o   Daun pepaya
o   Rumput tuton
o   Daun tela
o   (silahkan tambahi gan... dikoment)

Umpan buatan
merupakan umpan yang di produksi oleh pabrik / home industri atau dibuat sendiri dengan menggunakan bahan – bahan dari alam ditambah pengawet plus aroma buatan. Pellet adalah termasuk dalam criteria ini. Umpan buatan sebenarnya dibuat dari bahan – bahan alami : jagung, umbi jalar, dedak ditambahkan sardine dll dan untuk mengelabui penciuman ikan diberikan aroma buatan baik aroma buah- buahan atau aroma amis ikan. Untuk membuat sendiri pun anda dengan mudah bisa melakukannya. Dengan cara tradisional. Bedanya Cuma pada keawtannya kok. Kalau ingin praktis, silahkan mengunjungi toko pancing terdekat sesuaikan dengan target sasaran pancing an anda. Pelet umpan jenis ini biasanya digunakan untuk memancing pada air tawar semisal pada danau atau kolam pemancingan.
Kami akan buatkan beberapa contoh pelet buat mancing ikan tertentu dan sangat cocok untuk galatama diempang atau kolam pada halaman lain silahkan tinggal buka aja : 


Umpan tiruan
umpan palsu merupakan umpan yang dibuat oleh pabrik yang berbentuk menyerupai serangga yang di sukai ikan, biasanya di buat dari bulu – bulu dan plastic atau bahan lain. Saat ini di indonesia mulai berkembang menggunakan umpan tiruan ini. Kami yakin hampir semua pemancing tahu jenis – jenisnya karena sudah mulai tren. Bahkan diluar negeri tutup botolpun bisa dijadikan umpan tiruan, kami sudah mencoba tutup botol namun belum bisa dikatakan berhasil.
Beberapa contoh : POPPER, LURE, PLUG,FROGI, MINNOW, METAL JIG, SPOON, KONAHEAD, SPINNER dll

Untuk cara penggunaannya akan kami bahas satu persatu silahkan tinggal buka saja.

by: Ememge Kbn , ID Indonesia 54392 Updated at : 3:14 PM

No comments :

Post a Comment

Mohon Untuk tidak komentar berbau SARA, ASUSILA dan JUDI
Thanks... sakam strikee