Monday, January 19, 2015

Umpan Cacing untuk mancing



Sepintas hewan ini menurut sebagian orang menjijikan tapi tidak bagi para mania mancing, sebab cacing merupakan umpan yang paling sering digunakan untuk memancing terutama di air tawar.
Karena mudah dicari terutama didaerah persawahan bahkan dikebunpun banyak cacing tanah yg dapat digunakan sebagai umpan ikan lele, Bawal, wader, Tawes dan ikan2 lainnya.
Kali ini Ememge akan membahas Jenis cacing yang biasa untuk mancing dan ada dipasaran. Berikut ini tips mengenal 5 cacing yang dapat digunakan umpan :

  1.  Cacing kristal ( Lumbricus rabbilus ), cacing ini sering digunakan untuk pakan ikan hias seperti louhan dan sangat disukai ikan bersisik seperti wader, tawes dan mujahir serta ikan rawa. Cacing kristal ukurannya 10-15cm dan memiliki warna kecoklatan dan mempunyai kalung warna kuning.
  2.  Cacing Merah ( Lumbricus sp ), cacing ini berwarna merah darah dan gerakanya cukup lincah. Biasanya hidup ditumpukan sampah dan memiliki ukuran 10 cm. Cacing ini sangat disukai ikan nilam, lokas dan mujahir.
  3. Cacing bayam ( eisenia sp ), cacing ini banyak hidup ditumpukan sayuran yg membusuk dan mempunyai ukuran bisa sampai 40 cm dengan warna merah pucat. Cacing ini sangat disukai ikan gabus, betutu, jambal, baung, dan ikan lele.
    cacing tanah
  4. Cacing tanah ( ( lumbricus terestris ), cacing ini banyak dijumpai disekitar kita, bentuknya lengkung dan warnanya hitam. Sangat cocok untuk mancing gabus, patin, belut  dan belida.
    cacing tanah
  5.  Cacing fospos ( Lumbricus sp), cacing ini paling banyak disukai para pemancing air tawar karena hampir semua ikan menyukai. Ciri khasnya warnanya merah kecoklatan dan ada warna fosfos, gerakannya cukup lincah dan dapat berukuran sampai 30 cm.
    cacing tanah

Naaaah.... buat para sedulur MMG yang mau mancing menggunakan cacing silahkan sesuaikan apa target ikan yang kita cari / pancing. Untuk ukuran kail sesuaikan dengan besaran badan cacing usahakan semua kail tertutup dengan badan pancing.
Semoga bermanfaat...... salam strikeeeee

by: Ememge Kbn , ID Indonesia 54392 Updated at : 7:25 PM

No comments :

Post a Comment

Mohon Untuk tidak komentar berbau SARA, ASUSILA dan JUDI
Thanks... sakam strikee