Monday, June 16, 2014

Mancing ikan bandeng



Mancing ikan bandeng memang punya sensasi tersendiri, jangan heran jika joran terseret ikan bila strike dan ikan bandeng bisa loncar dengan sangat cepat.
Ok... kita langsung saja pada poinnya. Ikan bandeng mulutnya kecil dan lebih sensitif dari ikan lainnya karena itu gunakan kail dengan diameter 5 – 7 mm. Bulatan umpan jangan terlalu besar.
Gunakan rangkaian berpelampung atau rangkaian glosor dengan 2-3 mata kail yang perlu diperhatikan jarak mata kail ke permukaan air. Ikan bandeng bermain ditengah – tengah kedalaman atau sering juga didekat permukaan air, usahakan jarak antaa mata kail dengan permukaan antara 15-20cm atau anda bisa coba atur sendiri.

Ikan bandeng biasanya menelusuri kolam/tambak dengan bergerombol, sering melewati pingiran. Perhatikan kecipakan ikan bandeng disana mereka berkumpul. Cara makannya kadang menyambar kadang – kadang diemut-emut dulu baru dimakan atau hanya menyundul – nyundul agar umpan rontok. Jika menggunakan pelampung, perhatikan saja jika pelampung sudah berputar = pitar jangan terburu menarik joran tunggu sampai pelampung bergeser seperti dibawa ikan atau sudah mulai tenggelam baru dihentak.
Jika menggunakan glosor, setelah ,melempar umpan, gulung reel agar senar tidak kendor. Jika senar seperti terseret ikan artinya umpan sudah dimakan. Mengguakan jari telunjuk utuk merasakan getaran jika umpan dimakan ikan.

Umpan mancing



Untuk umpan ikan bandeng liar yang biasanya hidup didermaga atau dipantai lebih baik menggungakan udang kupas, klo udang hidup gunakan udang yang kecil atau rebon dan cacing laut, alternatif lain roti, pelet merah yang digunakan untuk ikan koi, pelet oplosan yang sudah dicampuri sardeng, essen tengiri dan choya
Ramuan lain :
>>2 bungkus Pelet jitu dicampur kuning telur bebek dan ditambah air panas secukupnya aduk-aduk hingga mengental dan rata, umpan siap digunakan
>>1 bungkus pelet merek wayang 2 butir telur, deho atau sardeng sebagai pengganti buang kuahnya dan campur kroto serta air panas secukupnya. Campurkan semua bahan aduk hingga rata dan mengental, klo terlanjur lembek atau encer campurkan kinoy. Umpan siap digunakan

by: Ememge Kbn , ID Indonesia 54392 Updated at : 7:23 PM

No comments :

Post a Comment

Mohon Untuk tidak komentar berbau SARA, ASUSILA dan JUDI
Thanks... sakam strikee